Monday 21 December 2015

SISTEM OPERASI IOS

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

          Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hampir seluruh kegiatan manusia memanfaatkan teknologi karena dengan teknologi maka semua kegiatan bisa dilakukan dengan efektif dan efisien. Begitu juga dengan komunikasi, semua orang di dunia ini pasti melakukan komunikasi. Komunikasi yang pada dasarnya adalah suatu kegiatan menyampaikan suatu pesan kepada pihak penerima pesan, atau suatu bentuk interaksi antara komunikan. Tidak hanya perkembangan teknologi dan komunikasi tapi juga Sistem Operasi yang kian berkembang mengikuti zaman serta kebutuhan. Perkembangan sistem operasi tidaklah hanya sebatas pada PC atau komputer tetapi juga pada smartphone atau mobile.

          Seiring dengan perkembangan zaman teknologi yang semakin maju, teknologi yang semakin canggih diharapkan agar mampu untuk membantu manusia dalam menyelesaikan semua permasalahannya dan memudahkan manusia dalam menjalankan berbagai aktivitasnya. Semakin pesatnya teknologi, berpengaruh pada perkembangan Sistem Operasi di dunia ini yang berlomba – lomba satu sama lain untuk memberikan kepuasan yang maksimal pada pengguna Sistem Operasi di PC atau Smartphone ataupun Mobile.


          Saat ini, perangkat Mobile merupakan perangkat yang multi-fungsional yang mampu bekerja sebagai hosting berbagai aplikasi untuk keperluan atau kebutuhan konsumen. Seperti sistem operasi komputer sistem operasi mobile adalah platform perangkat lunak yang menentukan fungsi dan fitur yang tersedia pada perangkat mobile atau smartphone, seperti thumbwheel, keyboard, keamanan nirkabel, dan sinkronisasi, pesan dan sebagainya. Beberapa yang lebih umum dan terkenal diantaranya yaitu sistem operasi mobile Google Android dan Apple iOS karena popularitas mereka, maka disini penulis akan membahas tentang dua sistem operasi yang sering terlihat di pasar dan kemudian membandingkannya satu sama lain.

1.2. Rumusan Masalah

1. Apa arti dari logo iOS ?

2. Apa itu iOS ?

3. Bagaimana perkembangan iOS dari awal sampai sekarang ?

4. Apa saja kelebihan dan kelebihan iOS ?


1.3. Batasan Masalah

Makalah yang kami buat ini hanya membahas tentang iOS yakni meliputi arti dari logo, sejarah, jenis-jenis, serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh iOS.


1.4. Tujuan

Berdasarkan rumusan masalah diatas, makalah ini bertujuan untuk :

1. Memahami arti logo iOS.

2. Mengerti sejarah iOS.

3. Mengetahui perkembangan iOS dari awal sampai sekarang.

4. Mengerti kelebihan dan kekurangan iOS.

5. Memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai iOS.

6. Memberikan referensi bagi pada pengguna dan pecinta gadget.

1.5. Manfaat

Manfaat dari makalah ini membantu orang untuk menjalankan iOS dengan baik dan benar, serta memacu orang untuk lebih memahami tentang iOS.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1. Arti Logo iOS

Selama puluhan tahun sejak Apple berdiri pada tahun 1976, telah mengalami berbagai perubahan logo. Berikut perubaha-perubahannya dan cerita di balik setiap perubahan tersebut.

Lambang Isaac Newton (The Newton Crest) - 1976 Sampai 1976 


















Gambar 2.1 Logo Apple yang Pertama.

Logo pertama Apple didesain pada tahun 1976 oleh Ronald Wayne, yang terkadang juga dikenal sebagai co-founder ketiga dari Apple.

Pada logo tersebut menggambarkan Isaac Newton duduk di bawah pohon dengan sebuah apel bergantung di atas kepalanya. Istilah di sekitar logo tersebut berkata, "Newton... Pemikiran yang terus Mengarungi Lautan Pikiran yang Aneh... Sendiri."

Akan tetapi logo tersebut lebih memberikan kesan klasik daripada modern, padahal mereka adalah perusahaan komputer. Oleh karena itu, Steve Jobs memutuskan sebuah desain ulang dibutuhkan.
 

Logo Pelangi (The Rainbow Logo) - 1976 Sampai 1998 













          Oleh karena itu, logo di atas diganti dengan cepat oeh Steve Jobs dengan desainer Rob Janoff. Yang tidak diketahui Janoff mungkin adalah desain logonya akan menjadi salah satu logo paling terkenal dan paling iconic sepanjang sejarah teknologi.
          Janoff mengatakan, "gigitan" pada logo Apple digunakan agar orang-orang mengetahui bahwa ia menggambarkan apel, bukan tomat. Juga sesuai dengan kata dunia komputer (byte/bite), sesuai dengan perusahaan teknologi. Sedangkan alasan strip pelangi pada logo adalah Steve Jobs menginginkan sebuah logo yang penuh warna agar perusahaan lebih terlihat "manusiawi".


Logo Monochrome - 1998 Sampai Sekarang 










          Desain logo Apple bertahan cukup lama sampai akhirnya Steve Jobs memutuskan mengubah logo penuh warna tersebut menjadi logo dengan warna yang solid. Hal ini sesuai dengan fashion pada waktu itu yang minimalis dan mungkin untuk mengikuti zaman millenium yang baru. 
Mungkin logo penuh warna (pelangi) dapat menjadi nostalgia para pengguna Mac, tetapi tentunya Steve Jobs bukanlah orang yang menginginkan rasa nostalgia pada logo Apple. Oleh karena itulah dibuat logo monochrome yang lebih fleksibel untuk me-brand produknya. Perubahan tersebut akhirnya bertahan hingga sekarang ini, dimana Apple hanya menggunakan satu warna saja unutk logonya (monokromatik, penggunaan satu warna saja). Logo Apple sekarang ini tetap menggunakan konsep monokromatik, hanya bewarna putih.

2.2. Sejarah iOS

         iOS adalah sebuah sistem operasi mobile yang diciptakan oleh Apple sejak Januari 2007 lalu, Steve Jobs sebagai CEO diwaktu itu. Awalnya sistem operasi mobile ini tidak dinamakan iOS oleh Apple melainkan sistem operasi versi dari OS X atau disebut juga iPhone OS. Sistem operasi ini dulunya belum dapat bekerja menggunakan perintah copy dan paste, dan multi tasking. Bagi perusahaan lain seperti Google dapat melihat peluang dari kelemahan sistem operasi ini sehingga google menciptakan Sistem Operasi barunya yaitu Android. Versi iOS dulunya berawal dari versi iPhone OS 1.0 (initial release) Juni 2007 hingga iPhone OS 3.1 – 3.2 versi terakhir dari nama iPhone OS pada September 2009.

         Pada Juni 2010 iPhone OS berganti nama menjadi iOS yang diterapkan pada iPhone, iPod touch, iPad yang telah menambahkan bebrapa fitur yang menarik dan lebih interaktif sehingga menarik minat pengguna untuk menggunakannya.

         Pada akhir tahun ini tepatnya pada September 2013, Apple telah mengumumkan versi iOS terbaru yang telah diluncurkan. Versi terbaru dari iOS adalah versi iOS 7, yang telah diumumkan pada acara WWDC 2013 oleh Jhony Ive. Versi ini adalah sebuah perubahan paling besar. Interface dari iOS sangat berbeda darii dan keihatan lebih simple, tapi terkesan mewah.

        Sistem iOS diturunkan dari Mac OS X, yang oleh karenanya memiliki ciri sebagaimana sistem operasi Unix. Antarmuka iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung dengan gerakan multi-sentuh. Respon iOS atas input pengguna bersifat langsung dengan antarmuka yang mengalir halus.

2.3. Perkembangan iOS 


          Sistem operasi dari Apple, iOS, merupakan salah satu sistem operasi yang cukup populer. Meskipun sistem operasi ini cenderung eksklusif, tetapi terbilang sukses. Terbukti dari laku kerasnya perangkat Apple yang menggunakan iOS. Padahal, awalnya iOS ini adalah sistem operasi untuk produk ponsel cerdas, iPhone. Namun, iOS kemudian diterapkan pada produk Apple lainnya, seperti iPad, iPod Touch, bahkan Apple TV. Terbaru, jam tangan dari Apple pun akan menggunakan iOS. Dari uraian tersebut, terlihat bahwa iOS pada dasarnya adalah sistem operasi yang cukup unggul. Sistem operasi ini juga cukup bersaing ketat soal fitur dengan Android.

iPhone OS 1 (Versi Pertama iOS)

 












    iOS history imulai ketika steve Jobs meluncurkan iPhone di tahun 2007, ia memungkinkan bahwa perangkatnya menggunakan versi dari OS X. Pada awalnya OS ini hanya digunakan untuk Iphone dan Ipod dan tidak terbuka untuk pengembang pihak ketiga (3rd party developer) sampai sembilan bulan setelah peluncuran, ketika Apple merilis iPhone SDK.

          Sejarah Apple iPhone OS dimulai pada iPhone OS 1 apa yang membuat iPhone OS 1 ini terlihat spesial? User interface yang diusung ini benar – benar dirancang untuk pengoperasian multi-touch dan iPhone generasi pertama memiliki layar sentuh kapasitif sebesar 3.5 inci yang lebih cepat dan lebih intuitif pada pengoperasian dibandingkan kompetitor lainnya. Perangkat ini juga menawarkan pengalaman menjelajah internet jauh lebih baik dan mencakup semua fitur iPod di dalamnya. Perangkat ini masih belum sempurna, karena perangkat ini tidak memiliki 3G, tidak ada stereo Bluetooth. Namun kekurangan ini tidak menghambat perangkat ini mendapatkan penghargaan terbaik dari pengguna di luar sana.

           iOS ini dirilis pada Juni 2007 dan telah melakukan peng-update-an sebanyak dua kali yaitu yang pertama iOS versi 1.1.1 pada september 2007 dan yang kedua iOS versi 1.1.3 pada Januari 2008.
           Dari uraian tersebut, terlihat bahwa iOS pada dasarnya adalah sistem operasi yang cukup unggul. Sistem operasi ini juga cukup bersaing ketat soal fitur dengan Android. Berikut ini penjelasannya tentang iOS pada awalnya berkembang.

iPhone OS 2 (Versi Kedua iOS) 


















         pada versi ini terjadi perubahan besar di iOS history yang diperkenalkan iOS 2.0 yaitu dukungan untuk aplikasi pihak ketiga, yang juga menandai titik balik untuk iPhone sebagai perangkat pasar massal. Meskipun SDK diumumkan pada bulan September tahun 2007, dan dirilis ke developer pada aret 2008.
        App Store ketika iPhone 3G diluncurkan pada Juli 2008. App Store adalah penambahan terbesar pada saat itu, meskipun device yang menggunakan OS ini masih Iphone dan Ipod.
iOS ini dirilis pada Juni 2007 dan telah melakukan peng-update-an sebanyak dua kali yaitu yang pertama iOS versi 2.1 pada September 2008 dan yang kedua iOS versi 2.2 pada November 2008.

iPhone OS 3 (Versi Ketiga iOS) 















          Bersamaan dengan peluncuran iPhone 3GS, iOS 3,0 membawa beberapa fitur yang sangat dibutuhkan, seperti dukungan MMS, kemampuan untuk network tethering, kemampuan copy dan paste, kemampuan untuk menggunakan keyboard dalam modus landscape, IMAP, memo suara, aplikasi kompas, shake to shuffle, dan push notification. iOS 3 inilah yang menjadi awal mula dari fitur voice control. 
         Pada saat sistem operasi ini diluncurkan, sudah saatnya perangkat baru dan besar muncul ke pasaran, dan itu berarti memiliki tampilan antar muka yang abru dan desain aplikasi agar cocok dengan layar yang lebih besar. Perangkat ini bukan hanya sekedar pembesaran pikser, panel tambahan dan daftar sidebar diperkenalkan untuk membuat lebih banyak menggunakan layar yang besar. Ini adalah fragmentasi pertama dalam platform iOS, seperti iOS 3.2 dan update nya hanya dikhususkan untuk iPad. iOS ini dirilis pada Juni 2009 dan telah melakukan peng-update-an sebanyak dua kali yaitu yang pertama pada iOS versi 3.1 pasa September 2009 dan yang kedua iOS versi 3.2 pada April 2010.

iPhone OS 4 (Versi Keempat iOS) 











        Tahun 2010, iOS update tidak hanya memperkenalkan istilah iOS, tapi juga mengatasi kurangnya dukungan multitasking. iOS 4 mendukung multitasking terbatas, menangguhkan tindakan yang tidak perlu di background untuk menghemat baterai, tetapi memungkinkan pengguna untuk melakukan hal lainnya.

       Steve Jobs juga menjelaskan bahwa device dilengkapi dengan Apple sebagai retina display. Namun apakah yang dimaksud dengan Retina Display dan apa keuntungan dari fitur tersebut yang bisa diambil oleh pengguna iPhone langsung. Apple menggambarkan Retina Display sebagai layar LCD yang mampu menyebutkan diinsitaas pixel super tinggi dengan menekan resolusi 960x640 pixel ke dalam layar berdimensi 3.5 inci atau memiliki diinsitas pixel 326 pixel per inci (ppi).

     Retina display memiliki jumlah pixel 4 kali lebih banyak ketimbang versi iPhone sebelumnya dalam ukuran layar yang sama. Jadi mudah dibayangkan bagaimana hasil gambar di layar iPhone 4 jika dibandingkan iPhone 3GS yang memiliki layar 163 ppi dengan resolusi 480x320 pixel. Sangat jauh berbeda.

        Peningkatan besar pada iOS 4 adalah kemampuan untuk beralih data selular on dan od, jumlah karakter untuk pesan SMS dan pencarian SMS, penambahan dukungan zoom saat mengambil foto, HDR foto, kemampuan untuk melakukan syncronize, face and place dari iPhoto, emngubah ukuran foto, ketika mengirim, berkreasi dengan playlist sementara di jalankan, dan dukungan untuk passcode, semua memuat perbaikan besar operating system pada versi sebelumnya.
iOS ini dirilis pada Juni 2010 dan pada versi ini pihak iOS telah melakukan lebih banyak peng-update-an dari versi sebelumnya sebaanyak 4 kali yaitu pertama iOS versi 4.1 pada September 2010 yang memperkenalkan game center, kedua iOS 4.2.1 pada November 2010 memunculkan airplay dan airprint, ketiga iOS versi 4.2.5 pada Februari 2011, dan yang keempat iOS versi 4.3 pada Maret 2011 yang memberikan fitur personal hotspots untuk berbagi konektifitas 3G melalui Wi-Fi, airplay untuk apikasi pihak ketiga, serta iTunes Home Sharing untuk akses Wi-Fi untuk semua kontes iTunes di iOS 4.3. 



iPhone OS 5 (Versi Kelima iOS) 










          Platform iOS 5 dan iPhone 4S adalah rilis penting untuk Apple, sementara android telah membuat keuntungan yang serius di pasar smartphone. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Apple dari perangkatnya ini untuk menarik fungsionalitas yang besar yang terinspirasi oleh pesaing utamanya. Notifications Center dirombak besar – besaran yang muncul dibagian atas layar, aplikasi iMessage, aktivasi nirkabel, sinkronisasi itunes melalui Wi-Fi, dan update over-the-air. Perubahan terbesar yang mengubah penggunaan smartphone adalah Siri, asisten suara pribadi yang mampu mengubah dunia smartphone menjadi lebih menarik. iOS ini dirilis pada Oktober 2011.

iPhone OS 6 (Versi Keeman iOS)

 













         Apple World Wide Developer Conference (WWDC), iOS 6.0 diresmikan pada Juni 2012. Sistem operasi ini seperti biasanya memperkenalkan beberapa perbaikan dan beberapa fitur baru, tetapi berita besar dari smua ini adalah Apple Maps dan didepaknya Google Maps sebagai layanan yang navigasi default dn Youtube. Mungkin agak ambisius, dan berbagai kekurangan dan eksalahan pada Apple Maps, emndorong permintaan maaf dari CEO, Tim Cook, namun tidak semuanya bermasalah, iOS 6.0 membawa perangkat tambahan untuk Siri dan Notification Center, bersama dengan facetime melalui selular, integrasi Facebook, dan metode pembayaran terbaru menggunakan Passbook.
        iOS 6 yang mempunyai semboyan “The World’s most advanced mobile operating system” ini kabarnya melakukan lebih dari 200 perubahan dari iOS versi sebelumnya. Angka yang demikian besar tersebut kemungkinan termasuk juga perubahan yang amat sangat kecil. Tapi ada beberapa perubahan yang signifikan yg dilakukan Apple di iOS 6 ini. Perubahan inilah yang merupakan kelebihan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad dengan penambahan fitur yang sangat menonjol seperti Facebook integration, VIP Inbox Mail, Peningkatan Kemampuan Siri, Do Not Distrub, Face Time, Passbook.

iPhone OS 7 (Versi Ketujuh iOS) 










          Pada perhelatan WWDC September 2013, Jony Ive memperkenalkan tampilan yang sama sekali baru untuk platform iOS. Dari tampilan ikon yang disederhanakan, desain yang datar dengan palet berwarna biru, latar belakang animasi, dan efek mendalam pada wallpaper ketika anda memiringkan iPhone. Fitur baru termasuk Control Center (Pengaturan Cepat), Multitasking untuk semua aplikasi, pembaruan Safari, pembaruan siri, Air Drop untuk berbagai konten, update Kamera dengan built-in filter, aplikasi baru Photo yang mengatur foto berdasarkan lokasi atau tanggal, aplikasi update otomatis, dan integrasi dengan mobil.

Adapun fitur – fitur baru pada iOS 7 yaitu :

1. User Interface Baru

         Fitur baru iOS 7 yang pertama adalah dari segi desain. Secara keseluruhan tampilan iOS 7 sangat berbeda dari versi-versi sebelumnya, perubahan desain terjadi secara menyeluruh dari tampilan icon sampai dengan jenis font yang digunakan. Bahkan “slide to unlock” juga sekarang tampil minimalis dengan hanya berupa tulisan saja. iOS 7 juga menggunakan Parallax sebagai gambar backgroundnya.

2. Smart Multitasking

         Fitur baru iOS 7 selanjutnya adalah ( ) Multi tasking tray pada versi iOS sebelumnya kini dihilangkan dan diganti dengan multitasking berbentuk thumbnail yang menggambarkan aplikasi - aplikasi yang sedang berjalan.

3. iTunes Radio

4. Air Drop

5. Activation Lock

6. App Near Me

7. Safari

8. Siri dan

9. Weather.



2.4. Kelebihan dan Kekurangan iOS

2.4.1 Kelebihan dari iOS :

1. Sulit terserang virus.

2. User friendly.

3. Tampilannya menarik.

4. Tersedia aplikasi yang bagus.

5. Ukuran memori internal cukup besar.

6. Multitasking.

7. Navigasi mudah.

8. Mendukung GPS.

9. Upgrade FW yang relatif mudah.



2.4.2 Kelemahan dari iOS :

1. Harga relatif mahal.

2. Memori tidak dapat ditambah sesuai keinginan.

3. Tampilan tidak dapat diubah.

4. Kualitas suara speaker output kecil.

5. Standar aplikasi pengembang sangat ketat.

6. Tidak support flash (Safari Mobile).

BAB III

PENUTUP

3.1. Kesimpulan

      Berdasarkan pada pembahasan pada bab sebelumnya, dapat diambil kesimpulan bahwa iOS adalah sistem operasi yang close source platform. Maksudnya close ialah pada iOS hanya dapat digunakan atau diperbolehkan di produk hanya dari Apple, selain itu tidak bisa.

      Peran iOS merupakan arah kemajuan di bidang teknologi karena setiap versi bertambah baik, dan juga iOS atau lebih dikenal iPhone OS, menguasai pasar bisnis, dan menandingi produk lain. Bahkan, iOS bersaing, mulai dari sistem, software, serta untuk memanfaatkan celah pasar bisnis dengan baik, dukungan vendor kelas atas dan reputasi Google untuk Apple.


3.2. Saran-saran

        Dari beberapa kesimpulan dan pembahasan yang sudah di jelaskan, maka dapat dimengerti dari keunggulan dan juga kelemahan dalam penggunaan. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika di dalam penggunaan iOS bagi pengguna hendaknya selalu mengoptimalkan penggunaannya. Sejatinya, suatu software diciptakan tak lain adalah untuk meringankan pekerjaan manusia di dalam melakukan sesuatu hal.



Daftar Pustaka

http://asiyah-zulfa.blogspot.co.id/2013/11/makalah-ios.html

http://tedama.blogdetik.com/2014/02/18/vesrsi-versi-dalam-ios/

http://www.slideshare.net/MelinaKrisnawati/4-isi-makalah

http://www.tahupedia.com/content/show/88/Sejarah-dari-Logo-Apple

1 comment:

  1. Thanks dah berbagi ilmu gan... Moga tugas UTS nya lancar.

    Mengenai penjelasan sistem keamanan pada operasi IOS ternyata memiliki banyak celah kelemahan bila dibandingkan dengan android. Ya, pastinya setiap aplikasi gak ada yang sempurna.

    Makanya, ane tambahin aplikasi pendukung untuk keamanan IOS ane dengan VPN, gunanya biar lebih aman aja. Apalagi sekarang sudah banyak vpn yang bisa didownload gratis. Kalo ada duit baru yang premium :D

    ReplyDelete