Saturday 19 December 2015

SISTEM OPERASI LINUX

DEFINISI LINUX

         Biasanya, istilah sistem operasi sering ditujukan kepada semua perangkat lunak yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi perangkat lunak terinstal.
         Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata. Sebagian sistem operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya dos), tetapi sebagian besar sistem operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating Sistem (misalnya keluarga sistem operasi Linux).
         Linux adalah nama yang diberikan pada sistem operasi komputer bertipe Unix dengan logonya berupa seekor burung Pinguin. Linux mempunyai kemampuan MultiTasking, Multi User, dan Memory Management yang baik. Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa asal Finlandia yang dilahirkan pada tanggal 28 Desember 1969. Orang yang disebut-sebut sebagai bapak Linux ini, sudah mengenal bahasa pemrograman pada umur 10 tahun. Karena hobinya dalam dunia computing, di tahun 1988 Linus diterima di University of Helsinki dan pada tahun 1990 Linus mulai belajar kelas pemrograman C pertamanya.
          Linus tidak puas terhadap sistem operasi yang ada pada PC pertamanya (MS-DOS atau Disk Operating Sistem), OS buatan Microsoft. Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi bertipe Unix seperti yang dipakai pada komputer milik Universitasnya. Linux adalah sebuah kernel sistem operasi. Pada mulanya, kernel yang dibuat berbasis Minix, sebuah sistem operasi kecil yang dibuat oleh Prof. Andrew Tanenbaum pada tahun 1987, yang banyak digunakan mata kuliah sistem operasi. Sampai saat ini, Minix masih tetap ada, dan masih tetap sederhana karena tujuannya memang untuk praktik kuliah.

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN LINUX
          Pada tahun 1969, Ken Thompson dan Dennis Ritchie (juga adalah developer bahasa C), para peneliti di AT&T Bell Laboratorium Amerika, membuat sistem operasi Unix, cikal bakal dari Linux. Unix mendapatkan perhatian besar karena merupakan sistem operasi pertama yang dibuat bukan oleh hardware maker. Selain itu juga karena seluruh source
code-nya dibuat dengan bahasa C, sehingga mempermudah pemindahannya ke berbagai platform.
           Dalam waktu singkat Unix berkembang secara pesat dan terpecah dalam dua aliran yaitu, Unix yang dikembangkan oleh Universitas Berkeley dan yang dikembangkan oleh AT&T. Setelah itu mulai banyak perusahaan yang melibatkan diri, dan terjadilah persaingan yang melibatkan banyak perusahaan untuk memegang kontrol dalam bidang sistem operasi. Persaingan ini menyebabkan perlu adanya standarisasi. Dari sini lahirlah proyek Posix yang dimotori oleh IEEE (The Institute of Electrical and Electronics Engineers) yang bertujuan untuk menetapkan spesifikasi standar Unix. Akan tetapi, standarisasi ini tidak meredakan persaingan. Sejak saat itu, muncul berbagai macam jenis Unix.
           Salah satu diantaranya adalah Minix yang dibuat oleh A. S. Tanenbaum untuk tujuan pendidikan. Source code Minix inilah yang oleh Linus Torvalds, seorang mahasiswa Universitas Helsinki pada waktu itu, kemudian dijadikan sebagai referensi untuk membuat sistem operasi baru yang gratis dan yang source codenya bisa diakses oleh umum. Sistem operasi ini kemudian diberi nama Linux. Dalam membangun Linux, Linus menggunakan tool-tool dari Free Foundation Software yang berlisensi GNU. Kemudian untuk menjadikan Linux sebuah sistem operasi yang utuh, dia memasukkan program-program yang juga berlisensi GNU.
           Awalnya Linus membuat Linux sendiri sebagai hobi, karena ia ingin menjalankan sistem operasi semacam Unix dalam komputer 386-nya. Dari hasil kerjanya lahirlah Linux versi 0.01, yang sebenarnya masih belum bisa disebut sebuah sistem operasi. Setelah mengalami perbaikan, jadilah Linux versi 0.02, yang notabene adalah Linux resmi versi pertama yang diumumkan pada publik. Linus mengumumkan source code Linux pada tanggal 5 Oktober 1991. Saat itu Linux sudah dapat menjalankan shell bash, gcc compiler, GNU make, GNU sed, compress dll. Proyek Linux ini mendapatkan perhatian dari para programer di seluruh dunia yang kemudian turut berpartisipasi membangun Linux. Perkembangan Linux berlangsung dengan sangat pesat hingga saat ini. Versi terbaru dari kernel Linux dapat anda check pada situs http://www.kernel.org.
          Saat ini hanya pembangunan kernel Linux saja yang masih dikontrol oleh Linus sendiri. Sedangkan bagian lain dari sistem operasi Linux telah dikembangkan oleh banyak pihak. Oleh karenanya sekarang kita dapat melihat berbagai macam distro (distribusi, jenis) Linux yang jumlahnya ratusan jenis. Salah satu distro yang terkenal adalah RedHat. Selain itu ada juga distribusi Slackware dan Debian yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Linux juga diadaptasi ke banyak bahasa seperti misalnya Linux Trustix Merdeka di Indonesia, Vine Linux di Jepang, RedFlag Linux di Cina, dll.
          Perkembangan yang pesat ini tidak terlepas dari jasa proyek GNU yang menyediakan program-program bermutu yang gratis dan esensial dalam Linux, seperti shell program, compiler, XFree, Gnome desktop, dll. Boleh dikatakan Linux ada saat ini berkat budaya open source dan fenomena Linux ini pula salah satu bukti kehebatan dari budaya open source.

PENGEMBANG LINUX

  1. Perbedaan utama antara Linux dan sistem operasi populer lainnya  terletak pada kernel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka.
  2. Beberapa lisensi perangkat lunak bebas dan sumber terbuka berdasarkan prinsip-prinsip copyleft, sebuah konsep yang menganut prinsip: karya yang dihasilkan dari bagiancopyleft harus juga merupakan copyleft. Lisensi perangkat lunak bebas yang paling umum, GNU GPL, adalah sebuah bentuk copyleft, dan digunakan oleh kernel Linux dan komponen-komponen dari proyek GNU.
  3. Sistem Linux berkaitan erat dengan standar-standar POSIX, SUS, ISO dan ANSI. Akan tetapi, baru distribusi Linux-FT saja yang mendapatkan sertifikasi POSIX.1.
         Sebuah distribusi Linux, yang umum disebut dengan "distro", adalah sebuah proyek yang bertujuan untuk mengatur sebuah kumpulan perangkat lunak berbasis Linux dan memfasilitasi instalasi dari sebuah sistem operasi Linux. Distribusi-distribusi Linux ditangani oleh individu, tim, organisasi sukarelawan dan entitas komersial. Distribusi Linux memiliki perangkat lunak sistem dan aplikasi dalam bentuk paket-paket dan perangkat lunak yang spesifik dirancang untuk instalasi dan konfigurasi sistem. Perangkat lunak tersebut juga bertanggung jawab dalam pemutakhiran paket. Sebuah Distribusi Linux bertanggung jawab atas konfigurasi bawaan, sistem keamanan dan integrasi secara umum dari paket-paket perangkat lunak sistem Linux.
PERBEDAAN MENDASAR LINUX
         Satu hal yang membedakan Linux terhadap sistem operasi lainnya adalah, harga. Linux ini gratis. Berarti dapat diperbanyak, dan di distribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang. Selain dari pertimbangan harga. Source code Linux tersedia bagi setiap orang. Perkembangan Linux menunjukkan pentingnya perananan kebebasan ini. Hal ini telah menghasilkan suatu tingkat keterlibatan yang menakjubkan dari ribuan atau bahkan ratusan ribu orang di seluruh dunia.
          Kebebasan ini telah memungkinkan para vendor perangkat keras membuat driver untuk device tertentu tanpa harus mendapatkan lisensi source code yang mahal, atau menandatangani non descructive agreement. Dan itu juga telah menyediakan kemungkinan bagi mahasiswa ilmu komputer di seluruh dunia untuk melihat kedalam suatu sistem operasi yang nyata dan berkualitas komersial.
          Karena Linux itu tersedia secara bebas di Internet, berbagai vendor telah membuat suatu paket distribusi, yang dapat dianggap sebagai berbagai versi kemasan Linux.paket ini termasuk lingkungan Linux lengkap, perangkat lunak untuk instalasi, dan mungkin termasuk perangkat lunak khusus, dan dukungan khusus

PERBEDAAN LINUX DENGAN OS LAIN
         Linux disusun berdasarkan standard sistem operasi Unix, yang sebenarnya diturunkan berdasarkan fungsi kerja Unix. Unix kompatibel dengan Linux pada level system call, ini berarti sebagian besar program yang ditulis untuk Unix atau Linux dapat dijalankan pada sistem lain dengan perubahan yang minimal.
         Secara umum dapat dikatakan Linux berjalan lebih cepat dibanding Unix lain pada hardware yang sama. Dan lagi Unix memiliki kelemahan, yaitu tidak bersifat free.
MS-DOS memiliki kemiripan dengan Linux, yaitu file sistem yang bersifat hirarkis. Tetapi MS-DOS hanya dapat dijalankan pada prosesor x86, dan tidak mendukung multi-user dan multi-tasking, serta tak bersifat free. Juga MS-DOS tidak memiliki dukungan yang baik agar dapat berinteroperasi dengan sistem operasi lainnya, termasuk tidak tersedianya perangkat lunak network, program pengembang, dan program utilitas yang ada dalam Linux.
Microsoft Windows menawarkan beberapa kemampuan grafis yang ada pada Linux termasuk kemampuan networking, tetapi tetap memiliki kekurangan yang telah ada pada MS-DOS.
           Windows NT yang juga tersedia untuk Digital Alpha dan juga prosesor x86 juga memiliki beberapa kekurangan yang telah ada pada MS-DOS. Waktu untuk menemukan suatu bug dalam suatu sistem operasi ini tak sebanding dengan harga yang harus dibayar.
Sistem operasi Apple untuk Macintosh hanya dapat berjalan di sistem Mac. Juga memiliki kekurangan dari sisi ketersediaan perangkangkat bantu pengembang (development tool), dan juga kurang dapat secara mudah untuk berinteroperasi dengan sistem operasi lainnya. Apple juga telah memungkinkan Linux dapat dijalankan pada PowerMac.

JENIS DISTRIBUSI /DISTRO LINUX
Linux tersedia dalam berbagai macam distribusi. Perbedaan antar distribusi biasanya terletak pada cara instalasi, pengemasan paket aplikasi, dan target penggunanya.Ada beberapa distribusi Linux yang cukup populer diantaranya seperti, Debian,Ubuntu, Mandrake, WinLinux, Red Hat, Fedora, Slackware, dan SuSe.
Debian






        Debian adalah salah satu distribusi yang kurang populer di Indonesia. Debian dibentuk oleh kelompok yang bertujuan untuk menciptakan sistem operasi gratis dengan kualitas tinggi. Debian merupakan “Fondasi dasar tempat Ubuntu dibangun”. Debian adalah proyek pengembangan distribusi (distro) GNU/Linux yang dilakukan secara sukarela. Proyek ini juga semakin meluas, meliputi hampir 17.000 paket aplikasi dan dokumentasi yang free dan open source. Debian telah berkembang menjadi salah satu distro GNU/Linux terbesar. Debian memiliki sejarah yang kurang baik dalam mengatur waktu atau memperkirakan waktu rilis dan mengalami kesulitan waktu dalam ketersediaan rilis. Kebanyakan rilis versi “mentah” dari Debian tidak menyediakan perbaikan keamanan untuk paket individual yang sering berubah, kecuali yang termasuk dalam lingkungan proyek pengembangan. Debian format paket programnya yang  menggunakan DEB dianggap lebih stabil dari pada RPM. Debian juga sudah menggunakan metode autodetect untuk penggunaan peripheral pada komputer.

Turunan debian:


1. 64Studio
2. Adamantix
3. Amber Linux
4. BeatrIX
5. Bonzai Linux
6. Debian
7. Debian-BR-CDD
8. DeveLinux
9. Dreamlinux
10. Elive
11. Finnix
12. GenieOS
13. Gnoppix
14. gOS linux
15. Guadalinex
16. Hiweed
17. Kalango
18. Kanotix
19. Knoppix
20. Kurumin
21. LinEx
22. Loco Linux
23. MeNTOPPIX
24. Morphix
25. NepaLinux
26. PingOO
27. Skolelinux
28. Sun Wah RAYS LX
29. Symphony OS
30. Ubuntu
      1. Kuliax 
      2. Gethux Linux     
      3. BlankOn Linux     
      4. Dewalinux
      5. Briker

31. linux mint
32. Edubuntu
33. Kubuntu
34. Xubuntu
35. De2
36. Xandros
37. Zen Linux

Ubuntu

          Ubuntu adalah satu-satunya distribusi yang paling populer di Indonesia. Ubuntu merupakan pilihan yang sangat tepat bagi anda yang menginginkan product Linux yang mudah digunakan. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu. Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu: bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya, bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Berikut ini adalah komitmen publik tim Ubuntu untuk para penggunanya:

  1. Ubuntu akan selalu bebas dari biaya, maka dari itu tidak akan ada biaya tambahan untuk “edisi enterprise”.
  2. Rilis Ubuntu terbaru tersedia setiap enam bulan. Setiap rilis akan didukung oleh Ubuntu dengan perbaikan pada keamanan dan perbaikan lainnya secara bebas selama sekurangnya 18 bulan.
  3. Ubuntu akan menyertakan terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki oleh komunitas Perangkat Lunak Bebas, hal ini berguna untuk membuat Ubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang.
  4. Ubuntu berkomitmen secara penuh terhadap prinsip-prinsip dari pengembangan perangkat lunak bebas.

        Ubuntu cocok digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000).


Mandrake

          Mandrake merupakan distribusi Linux yang dibuat oleh Mandrakesoft . Kalau komputer kita menggunakan pentium ke atas, umumnya Linux bisa jalan lebih cepat dengan Mandrake. Pertama dirilis didasarkan pada Red Hat Linux (versi 5.1) dan KDE (versi 1.0) pada bulan Juli 1998 . Sejak itu menyimpang dari Red Hat dan sudah termasuk sejumlah alat asli sebagian besar untuk mempermudah konfigurasi sistem. Mandrakelinux ini juga terkenal untuk mengkompilasi paket dengan optimasi untuk kelas Pentium dan prosesor yang lebih maju, tidak kompatibel dengan versi CPU yang lebih tua seperti 386 dan 486 . Mandrakelinux berasal oleh Gaël Duval , yang juga co-pendiri Mandrakesoft .
Turunan mandirva:
·         PCLinuxOS
·         MCNLive
·         Mageia

WinLinux














           WinLinux adalah distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (WIndows).Jadi untuk menjalankannya bisa di-klik dari Windows. WinLinux dibuat seakan-akan merupakan suatu program aplikasi under Windows. Dan masih banyak distro-distro lainnya yang telah tersedia maupun yang akan muncul. Terdapat beberapa varian WinLinux yaitu diantaranya, WinLinux 2000, WinLinux 2001.
Fitur unik WinLinux 2001 :

  1. Windows integration: WinLinux 2001 instalasi semudah meng-instal aplikasi Windows,
  2. Smart configuration: deteksi perangkat keras secara otomatis dengan konfigurasi yang disesuaikan dengan setting dan preferensi sistim yang terpasang **)
  3. Easy start: kita dapat memulau /start WinLinux 2001 seperti aplikasi Windows lainnya, just double click it
  4. Safe installation: tanpa perlu mengubah partisi Windows yang ada seperti Linux lainnya sehingga tidak ada risiko kehilangan data (no HD repartitioning)
  5. Optimal Disk Usage: WinLinux 2001 berbagi ruang hard-disk bersama Windows, tanpa membuat partisi ekstra.
  6. Familiar look and feel: kita akanmudah akrab menggunakan antarmuka grafis KDE yang ramah. Coba simak beberapa screenshots.

Red Hat


           Red Hat adalah contoh sukses sebuah perusahaan komersial yang berbasis pada FOSS. Untuk pengembangan dan kontribusi kepada komunitas Red Hatmen delegasikannya kepada Fedora Project. Redhat diakui sebagai server tercepat dibandingkan dengan linux server lainnya. Selain sebagai server tercepat, Redhat juga dapat digunakan sebagai client maupun sebagai PC desktop/PC standolone. Saat ini redhat sudah beredar dengan versi 9.0 yang dapat menggunakan desktop Genome dan juga KDE.

Struktur kernel Red Hat Ada 4 kategori kernel:

  • Monolithic kernel adalah Kernel yang menyediakan abstraksi perangkat keras yang kaya dan tangguh.
  • Microkernel.adalah Kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraki perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang di sebut sebagai server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya.
  • Hybrid (modifikasi dari microkernel) adalah Kernel yang mirip microkernel, tetapi juga memasukkan beberapa kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat.
  • Exokernel.adalah Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi hardware, tetapi ia menyediakan sekumpulan pustaka yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke perangkat keras secara langsung/ hamper-hampir langsung.
Turunan redhat:


a.    Turunannya redhat:
b.    Caldera
c.     Conectiva
d.    Turbo linux
e.    Yellow dog
f.      Mandrake
g.    Peanut
h.    Red flag
i.      Selinux
j.      PLd
k.     BLAG
l.      Fedora core
m.   centos


Fedora






         Fedora Project adalah sebuah komunitas yang sengaja dibentuk oleh Red Hat untuk memisahkan antara bisnisnya dan kontribusi dalam pengembangan Linux. Versi terbaru Fedora dirilis dua kali setahun. Fedora merupakan kombinasi terbaik dari software yang terpercaya dan paling baru yang pernah ada dalam dunia software bebas.

Kelebihan

  • Distro yang mapan, aman, dan padat feature.
  • Digunakan sangat luas (sekitar 50 persen para pengguna Linux diIndonesia) dan populer (Terutama di Amerika).
  • Dukungan yang baik, inovatif, desktop yang bagus, tool konfigurasi.
  • Tingkat sekuriti yang baik yaitu adanya paket SELinux (Security-Enhanced Linux)
  • Sebuah feature yang menarik adalah dimasukkannya paket Xen secara default ke Fedora Core 4. Xen memungkinkan beberapa virtual computer untuk berjalan pada sebuah sistem fisik tunggal.
Kekurangan                                   

  • Tidak sestabil Debian atau Slackware untuk server
  • Tidak semudah dan semutakhir Suse atau Mandrake untuk penggunaan desktop.
  • Fedora adalah distribusi untuk keperluan umum.
  • Multimedia yang kurang (secara default) tidak dapat memutar format Windows Media, MP3, atau DVD.


SlackWare


        Slackware bisa dikatakan sebagai distribusi Linux yang paling tua. Jika anda menginginkan sebuah disttribusi yang sedikit susah tetapi memberikan hasil yang seimbang dari sisi stabilitas, gunakan Slackware.

Kelebihan  Slackware

  1. Simple dan stabil, lebih dekat dengan gaya Unix dan di didesain untuk computer 386/486 atau lebih tinggi.
  2. Sangat mudah untuk di-costumize, sehingga meningkatkan security.
  3. Program instalasi yang user friendly, walaupun kebanyakan yang kontra dengan Slackware mengatakan bahwa proses instalasi nya sangat rumit karena terbatasnya tampilan GUI yang ada pada umumnya Distro Linux lainnya.
  4. Menggunakan pilihan menu dan manajemen paket. Sehingga memudahkan kita di dalam menginstall, meng-upgrade atau membuang system.
  5. Pembuatan paket pada Slackware sangat sedrerhana dibandingkan paket-paket seperti RPM dan Debian. Paket lebih mirip dengan kompresi root direktori ditambah beberapa file lain yang diletakkan di direktori install/.
  6. Karena distro ini termasuk distro yg scryptic dan manual sekali bagi pemula Linux, tapi dengan menggunakan distro ini beberapa penggunanya dapat mengetahui banyak cara kerja system dan distro tersebut


Suse


Distribusi buatan Jerman ini telah dimiliki oleh Novell, sebuah perusahaan yang cukup disegani di sekitar tahun 1990 dengan product Networkingnya yang handal dan banyak dipakai.

Jenis-jenis Suse Linux

  1. SUSE Linux Enterprise : SLE adalah solusi sumber terbuka dari Novell untuk perusahaan besar. Terdiri dari dua paket, yaitu:
  2. SUSE Linux Enterprise Server : SLES adalah Sistem Operasi Server Perusahaan yang merupakan komponen SLE.
  3. SUSE Linux Enterprise Desktop : SLED adalah Sistem Operasi Desktop Perusahaan yang merupakan komponen SLE.
  4. OpenSUSE : sebuah proyek masyarakat, yang disponsori oleh Novell, dirancang untuk pengguna rumahan.

Kuliax
















Kuliax adalah sebuah distribusi Linux LIVE CD yang dikembangkan oleh kuliax project untuk pendidikan di universitas (tersirat di dalam namanya). Distribusi ini berbasis Debian GNU / Linux dan knoppix serta telah dioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux.


Fitur-Fitur yang ada pada Kuliax 6.0
1. Live CD
Anda dapat mencoba/menjalankan Kuliax langsung dari CD dan dapat pula diinstal di harddisk jika Anda menginginkannya.
2. Cepat dan responsive
Sistem Kuliax telah dikonfigurasi dan dioptimasi untuk penggunaan desktop, seperti tambalan -ck patchset yang didesain untuk meningkatkan
interaktifitas/latensi pada kernel Kuliax, dan lain-lain.
3. Lingkungan yang indah
Kuliax menyediakan antarmuka yang nyaman untuk bekerja.
4. Deteksi/dukungan perangkat keras dan konfigurasi otomatis
Kuliax dapat mendeteksi dan mengkonfigurasi hampir semua perangkat keras yang Anda miliki.
5. Dukungan komputer dan laptop moder
ACPI, Hibernate, WiFi driver dan utilitasnya, banyak tipe sistem berkas termasuk NTFS-3G untuk dukungan baca dan tulis sistem berkas NTFS.
6. Berisi aplikasi lengkap untuk penggunaan umum
seperti perkantoran (office), multimedia, produktivitas, utilitas, dan program-program untuk pendidikan khususnya di universitas
PCLinuxOS

            PCLinuxOS dimulai dari satu set paket RPM yang dibuat untuk meningkatkan versi-versi Linux Mandrake (sekarang Mandriva Linux). Paket-paket ini diciptakan oleh Bill Reynolds, packager (pembuat paket) yang lebih dikenal sebagai Texstar. Dari tahun 2000 hingga 2003, Texstar mengelola repositori dari paket RPM secara paralel dengan situs web PCLinuxOnline. Dalam sebuah wawancara, Reynolds berkata bahwa dia memulai PCLinuxOS "untuk menyediakan jalan keluar untuk menyalurkan keinginan gila(nya) dalam membuat paket kode sumber (source code) tanpa harus berurusan dengan ego, kesombongan dan politik."
PCLinuxOS didistribusikan sebagai Live CD, yang juga dapat diinstal ke hard disk drive lokal. Ketika digunakan sebagai Live CD, dapat bekerja dengan USB flash drive, dimana konfigurasi dan data pribadi pengguna disimpan. Seluruh CD dapat disalin ke dan dijalankan dari memori (jika sistem mempunyai cukup RAM) untuk meningkatkan kecepatan. PCLinuxOS menggunakan Advanced Packaging Tool (atau APT), sebuah sistem manajemen paket (asalnya dari distribusi Debian), bersama dengan Synaptic Paket Manager, sisimuka GUI untuk APT, untuk menambahkan, menghapus atau memperbarui paket. Jika ada cukup memori pada komputer dan koneksi jaringan, Live CD dapat memperbarui paket. PCLinuxOS juga didesain agar mudah untuk remaster setelah instalasi, membuat satu CD personalisasi sendiri, menggunakan alat mklivecd. Live USB dari PCLinuxOS dapat dibuat secara manual atau dengan 

Caldera




 Caldera merupakan jenis linux yang pertama yang menggunakan Auto-Detect Hardware (seperti plug and play pada Mac).
Caldera Linux merupakan salah satu jenis linux yang dirancang untuk mempermudah pemakaian bagi penggunanya. Caldera sendiri dirancang dengan tampilan keseluruhan dengan grafis. Sejak saat kita melakukan penginstallan linux Caldera ini, hingga kita melakukan Setting Hardware semuanya dilakukan dengan tampilan grafis. yang mengagumkan dari Linux Caldera ini adalah pada saat kita melakukan penginstallan Linux Caldera ini, kita disuguhi game tetris untuk mengisi waktu yang luang, sambil menunggu transfer prigram yang berjalan.
Selain itu Caldera merupakan jenis linux yang pertama yang menggunakan Auto-Detect Hardware ( seperti plug and play pada Mac). Untuk penjelasan yang lebih lengkap dan juga informasi yang akurat anda dapat melihat di situs http://caldera-system.com




Corel
 











            Corel Linux merupakan salah satu sistem operasi berbasis Linux yang dibuat oleh salah satu distribusi Linux, yaitu Debian. Corel Linux sama seperti Linux lainnya, mendukung sistem operasi sistem open source dibawah naunan GNU. Corel Linux dapat anda beli Via internet dengan harga yang sangat terjangkau, jauh dari harga linux OS lainnya.
Corel Linux dapat langsung diinstal dengan atau tanpa sistem operasi yang lain. Corel Linux juga bisa diinstall pada partisi dan file sistem windows, yang menjadikan Corel Linux seolah-olah adalah program aplikasi Windows.
Salah satu yang menarik dari Corel Linux adalah Semuanya serba grafis. Corel Linux juga dirancang sebagai end-User. Pada Corel Linux semuaya serba grafi, dimulai pada saat prosedur Instalasi hingga boot sistem. Anda tidak akan menemukan basis text seperti yang ada di Linux lainnya, atau juga windows yang masih basis text. Dicorel Linux semuanya serbadisederhanakan. bahkan sampai pada setting jaringanpun lebih mudah dari pada setting jaringan pada Windows.
Akan tatapi ada sedikit kekurangan pada Corel Linux ini, terutama bagi pengguna yang sudah mahir. Mereka akan binging dengan tampilan yang serba grafis yang diberikan oleh Corel Linux. Untuk Informasi yang lebih detail anda dapat mengunjugi di situsnya yaitu di http://www.linux.corel.com


Turbo


         Turbo Linux adalah Linux yang terkenal dan populer di Asia. Bahkan di Jepang dan Cina pun Linux ini terkenal, Turbo Linux menduduki peringkat pertama distribusi linux pilihan. Turbo Linux dibuat dari berbagai under Linux/UNIX, baik komersial maupun freeware untuk kepentingan jaringan skala besa. Pihak vendor mengklaim pihak mereka sebagai Linux tercepat saat ini dengan backup dari perusahaa-perusahaan terkemuka saat ini, seperti: Compaq, Dell, Fujitsu, Intel, NEC, Tishiba, Novel, dan SCO. Seperti dengan SuSE, Tuurbo Linux mengkhususkan diri di bidang clustering computer, setara dengan super komputer di Jerman untuk kepentingan jaringan di China dan Jepang. Bahkan di China, Turbo Linux diadaptasi sebagai sistem komputer utama mereka, dan dimasyarakatkan dalam bahasa China kepada masyarakatnya guna menyaingi dominasi dari Microsoft. Untuk jelas anda dapat melihat situs Turbo Linux di http://www.turbolinux.com.
Kelebihan Turbo Linux
TurboLinux mendesain produknya dengan menggabungkan kelebihan Open Source dan yang terbaik dari perangkat lunak komersial. TurboLinux menyertakan cross-platform management software dalam produk-produk workstation, server dan clustering memungkinkan kemudahan dalam me-manage networks dan system.

Kekurangan Turbo Linux

  1. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
  2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.


Madriva




Mandriva Linux yg sebelumnya bernama Mandrake linux merupakan suatu distribusi Linux yang diciptakan oleh Mandriva. Itu menggunakan RPM Package Manager. Bila redhat direkomendasikan sebagai server, maka mandrake dijadikan sebagai client yang handal.
Tujuan awal dari diciptakannya Mandrake Linux adalah untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan installasi dan penggunaan Linux itu sendiri. Sebelum keluarnya Corel Linux, Mandrake merupakan distribusi linux yang paling familiar. Jika Redhat keluar desktop manager menggunakan Gnome, maka linux Mandrake keluar dengan desktop manager KDE buatan SuSE Jerman.

Kali Linux 











KALI LINUX adalah sebuah distro linux yang di kembangkan oleh Offensive Security yang mempunyai fungsi untuk kebutuhan professional penetration tester kali linux adalah versi terbaru dari distro Linux Backtrack yang sudah sangat terkenal .
perbedaan Backtrack Dan Kali Linux 
Berbeda dengan pendahulunya Backtrack, Kali Linux memiliki banyak perubahan yang sangat signifikan terutama dari Base nya Backtrack adalah salah satu distro linux yang mengikuti standar pengembangan Ubuntu sementara di Kali Linux sekarang menggunakan Base yang mengikuti standar pengembangan Debian nah perbedaan itulah yang mengakibatkan Backtrack dan Kali Linux memiliki perbedaan yang sangat signifikan seperti Repository Kali Linux sinkron dengan Debian misalnya kita ingin mengupdate Iceweasel di Kali Linux maka caranya pun sama di Debian karena kali Linux itu sendiri menggunakan Base dari Debian Wheezy.

Fitur Fitur Kali Linux 

Kali Linux merupakan pembangunan kembali BackTrack Linux secara sempurna,  mengikuti sepenuhnya kepada standar pengembangan Debian. Semua infrastruktur baru telah dimasukkan ke dalam satu tempat, semua tools telah direview dan dikemas,

A.    Lebih dari 300 tool Penetration Tester

Setelah melakukan review setiap tools yang terdapat pada BackTrack, kami menghilangkantools dalam jumlah besar baik yang tidak bekerja  atau memiliki tools yang tersedia yang menyediakan fungsi serupa.

B.    Gratis dan akan selalu gratis 

Kali Linux, seperti pendahulunya , benar – benar gratis dan akan selalu gratis. Anda tidak pernah akan diminta membayar untuk Kali Linux nah inilah yang menjadikan distro Linux banyak diminati karena tidak ada sepeser pun biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menikmati sistem operasi Linux

C.   Banyak Dukungan Bahasa

Meskipun tools penetration testing cenderung ditulis dalam bahasa Inggris, kami telah memastikan bahwa Kali Linux memiliki dukungan beberapa bahasa, memungkinkan lebih banyak pengguna untuk mengoperasikannya dalam bahasa mereka dan menemukan toolsyang mereka butuhkan untuk pekerjaan tersebut nah Kali Linux juga tersedia dalam bahasa indonesia loh jadi memudahkan kita yang tidak bisa bahasa inggris seperti saya untuk bisa menikmati sistem operasi Kali Linux ini .

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LINUX
Setiap sistem operasi yang telah ada pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, berikut kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi Linux adalah sebagai berikut :

Kelebihan Sistem Operasi Linux

  1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka.
  2. Menghemat biaya pengeluaran Lisensi.
  3. Linux mudah digunakan.
  4. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnyadi Linux.
  5. Keamanan yang lebih unggul dibandingkan Sistem Operasi Windows.
  6. Linux relatif stabil.
  7. Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik.
Kekurangan Sistem Operasi Linux

  1. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux.
  2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baikpada Linux.
  3. Proses instalasi software/aplikasi yang tidak semudah Windows,dll.

Kelebihan Linux Yang Setara Dengan Unix

  1. Multi Thread
  2. Multi User
  3. Multi Processing
  4. Manajemen Memori yang bagus
  5. Sekuritas
  6. File System stabil
  7. Ketersedian source code
  8. Tersedia dalam versi live cd

PENGGUNA LINUX
          Linux populer digunakan di lingkungan pemerintahan (khususnya di USA) danindustri. Pada banyak kasus pilihan terutama disebabkan pertimbangan harga.Tetapi kemudian dibuktikan bahwa ini merupakan pilihan yang tepat berdasarkanaspek yang lainnya pula.
Linux telah menunjukkan penetrasinya di bidang yang lainnya pula yaitu web server dan merupakan sistem operasi pilihan di lingkungan universitas. Juga bagi parapengguna yang menginginkan mempelajari Unix untuk perkembangan karirnya. Sehingga Linux banyak digunakan untuk perangkat bantu pelatihan.
         Linux juga populer dalam penggunanaan sistem embedded dan aplikasi turnkey (siap pakai) termasuk firewall Interwall, router, Point of Sale (POS). Juga ada beberapa penerbit yang menggunakan Linux pada system Raster Image Processor (RIP).



DAFTAR PUSTAKA



1 comment: